Mengurus Tier4 General Student Visa UK (Self-Funded)

10:17

Untuk masuk ke negara UK, Visa merupakan syarat wajib yang harus dipenuhi. Saya sempat mengalami kendala karena kurang peka terhadap salah satu dokumen yang harus disiapkan ternyata tidak memenuhi syarat untuk lolos sehingga memutuskan pengunduran ke next semester.

Pengurusan Visa UK di Indonesia melalui official partner United Kingdom Visas and Immigration (UKVI),yaitu VFS Global. Pengurusan Visa UK semua dilakukan secara online melalui website https://www.visa4uk.fco.gov.uk/home/welcome
Kantor VFS terletak di Mall Kuningan City, Jakarta dan di Bali. VFS di Indonesia hanya berperan untuk membantu mengumpulkan dan mengirimkan dokumen ke UKVI jadi yang memutuskan apakah aplikasi visa kita diterima atau ditolak adalah UKVI yang ada di Manila.

Aplikasi Visa diisi secara online sesuai dengan visa yang dibutuhkan. Biaya VISA UK Tier4 General Student adalah $530 dan dibayarkan secara online menggunakan kartu kredit. Sejak bulan july pengajuan visa diharuskan untuk membayar Immigration Health Surcharge (IHS) yang harganya berbeda-beda tergantung lama tinggal di UK. Pembayaran NHS dilakukan secara online dan menggunakan kartu kredit.

Pengajuan Visa bisa dilakukan paling cepat 3 bulan sebelum masa studi seperti yang tertera pada Confirmation of Acceptance for Studies (CAS). Sebaiknya pengurusan dokumen dilakukan sebelumnya untuk menghindari penuhnya appoitment di VFS dan kekurangan dokumen lainnya sebelum pengajuan visa di VFS.

Dokumen-dokumen yang diperlukan untuk pengurusan Visa UK Tier4 di VFS Global :
  1. Print Out of Appoitment Confirmation.
  2. A signed print out of your visa application.
  3. Payment Confirmation dari Immigration Health Surcharge (IHS). 
  4. Paspor ASLI dengan masa berlaku minimal 6 bulan dan paspor lama bila ada.
  5. Confirmation of Acceptance for Studies (CAS). Biasanya untuk mendapatkan ini kampus mensyaratkan untuk melakukan pembayaran uang kuliah minimal 50%.
  6. Pas foto ukuran 45 mm x 35 mm, warna background putih. 
  7. Dokumen yang digunakan untuk mendapatkan CAS - Dokumen yang dikumpulkan ke Universitas untuk mendapatkan Uncoditional Offer dan CAS. Akan tertera di CAS dokumen yang harus ditunjukan, seperti Ijazah dan Transcrip Nilai.
  8. IELTS
  9. Surat Sponsor ASLI - Surat sponsor dari orang tua yang menyatakan akan mendanai tuition fee, accommodation, etc.
  10. Bank Statement atau Bank Reference an. orang yang mensponsori biasanya orang tua. Bank Statement hanya dapat menggunakan nama kedua orang tua atau nama mahasiswa. Bank Statement tidak boleh lebih dari 30 hari dari tanggal pengajuan visa.
  11. Bukti Keuangan ASLI seperti Buku Tabungan Pribadi atau Rekening Koran. Tidak boleh menggunakan deposito atau tabungan rekening perusahaan. Di Buku Tabungan atau Rekening Koran harus tercantum dana yang cukup untuk biaya uang sekolah dan biaya hidup untuk 9 bulan di UK. Dana harus diendapkan selama 28 hari berturut-turut, sampai hari formulir visa diajukan.
  12. Akte Lahir ASLI dan terjemahan ke dalam bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah.
  13. Kartu Keluarga ASLI dan terjemahan ke dalam bahasa inggris oleh penerjemah tersumpah.
  14. TB Certificate, ini harus dilakukan di Rumah Sakit yang ditunjuk oleh UKVI. Di Jakarta bisa dilakukan di RS. Premier Jatinegara atau RS. Premier Bintaro. Biaya untuk pengecekan yaitu Rp. 690.000 dan kurang lebih 3 hari kerja untuk mendapatkan hasilnya. Buat appoitment terlebih dahulu via telepon ke rumah sakit untuk mendapatkan jadwal X-ray dan bawa foto 4x6 background warna biru 2 lembar serta paspor yang akan digunakan untuk apply visa. Masa berlaku Sertifikat 6 bulan. 
Semua dokumen dibawa ASLI dan fotokopi sebanyak 2 kali semua dokumen. Ketika di VFS akan diminta asli dan dokumen. Oleh karena itu lebih baik fotocopy semuanya diluar, di VFS sendiri disediakan tempat fotokopi tetapi harganya sangat mahal. Pisahkan dokumen yang asli dan fotocopy karena staff tidak akan mengecek secara detail dokumen anda jadi pastikan dokumen anda sudah lengkap dan beserta fotocopyannya. Karena rumornya jika dokumen tidak lengkap akan disuruh kembali untuk membawa dokumennya atau akan diberitahukan via email yang akan berakibat pada semakin lambatnya pengurusan dokumen visa anda.

Dokumen akan diminta dan ditahan baik yang ASLI maupun yang fotocopy. Tapi jangan kuatir, semua dokumen akan dikembalikan pada saat pengambilan paspor. Dan akan diberikan struk untuk saat pengambilan.

Ada interview yang akan dilakukan dengan menggunakan live skype, tapi pada umumnya yang melakukan interview jika membuat appoitment di siang hari. Jika ingin menghindari inteview, buatlah appoitment di pagi hari sebelum jam makan siang.
 
Setelah mengumpulkan dokumen, kita akan diminta untuk melakukan tes biometrik. Tes biometrik hanya scan jari dan foto di tempat. Fotonya digunakan untuk stiker visa di paspor.

Di VFS Indonesia, menawarkan SMS Service, jadi kita akan diberitahukan sudah sampai mana proses aplikasi visa kita tapi menurut pengalaman, saya hanya menerima SMS sebanyak tiga kali yaitu ketika dokumen sudah sampai di Manila dan di Indonesia, dan bahwa dokumen telah diambil. Sebenarnya kita akan menerima email ketika dokumen telah selesai dan telah kembali ke Indonesia. Tapi kejadian yang saya alami, saya tidak menerima email apa-apa dari pihak UKVI ataupun VFS hingga dokumen saya selesai dan telah diambil. Mengetahui bahwa dokumen saya telah selesai adalah melalui SMS Service tersebut ini, jadi tidak ada salahnya untuk menggunakan SMS Service ini. Biaya untuk SMS Service ini adalah Rp. 25.000.

Jika butuh dokumen selesai dalam waktu yang cepat, VFS Indonesia menyediakan Priority Service, dokumen aplikasi visa kita akan didahulukan dibandingkan dengan antrian visa yang biasa tanpa menggunakan Priority Service ini. Dokumen akan selesai dalam waktu 3-5 hari kerja dan siap diambil di VFS Indonesia. Biaya yang dibebankan untuk pengunaan service ini sebesar Rp. 2.640.000. Jika tidak mengambil Priority Service, dokumen diperkirakan akan selesai kurang lebih 2 sampai 3 minggu.

Goodluck with your application visa!

You Might Also Like

1 comments

  1. Halo Elga, saya adalah salah satu orang yg akan apply VISA Tier 4 (self funded) sama spt kamu. Bolehkah saya bertanya tentang bank aacount? Kamu dulu apply pakai rekening sendiri atau orang tua? Lalu, uang dalam bentuk rupiah atau GBP ya? Terakhir, surat yang dari bank itu apa saja ya? Semoga berkenan membantu menjawab ya, terima kasih sudah mau berbagi info ini! :)

    ReplyDelete